Sabtu, 30 Oktober 2010

5.1 manusia dan keindahan

pengertian 
Keindahan bukan citra yang ingin dipandang mata
Ataupun nyanyian yang ingin kau dengarkan
Dialah citra yang nampak meski kau pejamkan mata
Dan nyanyian yang terdengar meski kau tutup telinga
Keindahan bukan getah guratan kayu damar
Bukan pula embun di ujung dedaunan
Namun taman yang senantiasa berbunga
serta sekumpulan bidadari yang senantiasa terbang kesana-kemari

Kontemplasi itu mirip dengan meditasi tapi tidak sepenuhnya mengosongkan pikiran. Kontemplasi lebih pada merasakan kehadiran Tuhan, memikirkan dan merenungkan konsep kehidupan. Mengevaluasi diri. Menghayati jalannya hidup kita.Ternyata ada banyak sekali yang kita lakukan itu adalah kebiasaan. Habits. Tidak mikir lagi. Tidak ada evaluasi. Seperti robot.
Memang semua habits itu banyak berguna. Kita bisa cepat melakukan sesuatu. Tidak pusing. Tanpa mikir. Dan sudah terlatih.
Jalan keluarnya adalah kontemplasi. Melalui kontemplasi, kita merenungkan siapa kita, apa panggilan hidup kita, apa sebenarnya dunia ini, apa kedudukan kita di dunia ini. Melalui kontemplasi,kita bisa bebas mempersoalkan semua kepercayaan dan asumsi kita mengenai hidup ini. Melalui kontemplasi, kita bisa mengenali semua yang menghantui hidupkita, dan mencari jalan untuk mengusir hantu-hantu itu. Melalui kontemplasi, kita bisa membangun penerimaan dan citra diri yang lebih mulia. Melalui kontemplasi,kita bisa memilih jalan-jalan baru yang ingin kitatempuh. Melalui kontemplasi, kita menyadari betapa beruntungnya kita, betapa banyak berkat kita..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar