Kamis, 11 Oktober 2012
evaluasi alternative sebelum pembelian
Perilaku konsumen adalah sudut pandang dari segi konsumen dalam memutuskan , menimbang dan memilih tentang sesuatu barang dan jasa yang akan ia pilih dalam memenuhi kepuasan dan kebutuhannya.
KRITERIA EVALUASI SEBELUM PEMBELIAN
Keputusan konsumen dalam keterlibatannya pada proses pembelian dipengaruhi oleh beberapa evaluasi alternative yang diperolehnya.
Evaluasi alternative yang diperoleh oleh konsumen pun dijelaskan oleh seorang ahli yang bernama phillip kotler.
Beliau berkata bahwa setiap konsumen mempelajari dan mencari tahu tentang cirri cirri dari suatu barng dan jasa yang akan dipilihnya.
MENENTUKAN ALTERNATIVE PILIHAN
Terdapat 6 teori yang dapat menjadi acuan dalam menentukan alternative pilihan
1.teori kompensatori
Teori yang menyatakan tentang kelebihan suatu produk dapat menjadi senjata untuk menutupi kelemehan atribut produk lainyya
2.teori non kompensatori
Teori yang menjelaskan bahwa skor tinggi dari suatu produk tidak dapat menutupi kelemahan suatu produk
3.teori leksikografik
Konsumen akan menilai dari merek produk yg lebih unggul
4. teori pengurangan bertahap
Tidak jauh berbeda dengan teori no 3. Teori menggunakan skor untuk menentukan posisi suatu produk
5. teori konjungtif
Konsumen akan member evaluasi standar terhadap suatu produk
6.Teori disjungtif
Sama dengan teori no 5, tetapi teori ini hanya akan memilih produk dengan skor tertinggi
MENAFSIRKAN ALTERNATIF PILIHAN SEBELUM MEMILIH
ke 6 konsep dasar diatas dapat membantu member pemahan kepada konsumen sebelum memilih
konsumen akan memberikan tingkatan produk yang paling dibutuhkan
konsumen akan mengembangkan setiap atrinut produk dalam poin penting menafsirkan pilihan
harapan kepuasan konsumen terhadap suatu produk berbeda beda
konsumen menggunakan perhitungan dengan cermat dan pemikiran logis
di lain waktu konsumen yang sama hanya sedikit mengevaluasi atau tidak sama sekali; mereka membeli
berdasarkan dorongan sesaat
konsumen mengambil keputusan membeli sendiri terkadang memiunta petunjuk teman,
petunjuk bagi konsumen, atau wiraniaga untuk memberi saran pembelian.
MENYELEKSI ATURAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Apabila konsumen membeli atau menolak suatu produk , maka inilah yang menjadi tolak ukur bagi para
pemasar, apakah mereka sukses atau gagal dalam memberikan pengaruh kepada konsumen tentang
produk yang akan dipilihnyaa.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar