Kamis, 11 Oktober 2012

evaluasi alternative sebelum pembelian

Perilaku konsumen adalah sudut pandang dari segi konsumen dalam memutuskan , menimbang dan memilih tentang sesuatu barang dan jasa yang akan ia pilih dalam memenuhi kepuasan dan kebutuhannya. KRITERIA EVALUASI SEBELUM PEMBELIAN Keputusan konsumen dalam keterlibatannya pada proses pembelian dipengaruhi oleh beberapa evaluasi alternative yang diperolehnya. Evaluasi alternative yang diperoleh oleh konsumen pun dijelaskan oleh seorang ahli yang bernama phillip kotler. Beliau berkata bahwa setiap konsumen mempelajari dan mencari tahu tentang cirri cirri dari suatu barng dan jasa yang akan dipilihnya. MENENTUKAN ALTERNATIVE PILIHAN Terdapat 6 teori yang dapat menjadi acuan dalam menentukan alternative pilihan 1.teori kompensatori Teori yang menyatakan tentang kelebihan suatu produk dapat menjadi senjata untuk menutupi kelemehan atribut produk lainyya 2.teori non kompensatori Teori yang menjelaskan bahwa skor tinggi dari suatu produk tidak dapat menutupi kelemahan suatu produk 3.teori leksikografik Konsumen akan menilai dari merek produk yg lebih unggul 4. teori pengurangan bertahap Tidak jauh berbeda dengan teori no 3. Teori menggunakan skor untuk menentukan posisi suatu produk 5. teori konjungtif Konsumen akan member evaluasi standar terhadap suatu produk 6.Teori disjungtif Sama dengan teori no 5, tetapi teori ini hanya akan memilih produk dengan skor tertinggi MENAFSIRKAN ALTERNATIF PILIHAN SEBELUM MEMILIH ke 6 konsep dasar diatas dapat membantu member pemahan kepada konsumen sebelum memilih konsumen akan memberikan tingkatan produk yang paling dibutuhkan konsumen akan mengembangkan setiap atrinut produk dalam poin penting menafsirkan pilihan harapan kepuasan konsumen terhadap suatu produk berbeda beda konsumen menggunakan perhitungan dengan cermat dan pemikiran logis di lain waktu konsumen yang sama hanya sedikit mengevaluasi atau tidak sama sekali; mereka membeli berdasarkan dorongan sesaat konsumen mengambil keputusan membeli sendiri terkadang memiunta petunjuk teman, petunjuk bagi konsumen, atau wiraniaga untuk memberi saran pembelian. MENYELEKSI ATURAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN Apabila konsumen membeli atau menolak suatu produk , maka inilah yang menjadi tolak ukur bagi para pemasar, apakah mereka sukses atau gagal dalam memberikan pengaruh kepada konsumen tentang produk yang akan dipilihnyaa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar